Jonaidi Pastikan Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara Mulai Berjalan

Potretrafflesia.com,Seluma – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu Syafriandi, dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma Zuraini meninjau dan memastikan lahan untuk pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi mengatakan, tujuan datang ke Desa Pasar Seluma untuk memastikan soal lahan Pelabuhan Perikan Nusantara yang memang sudah di serahkan kewenangan di kelola oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dulu awalnya PPI berdasarkan UU Peraturan dan tata ruangan bidang kelautan semua PPI beralih ke provinsi penyerahan asetnya, sejak tahun kemaren dari status PPI menjadi PPN dan sudah di ekspos ke kementerian dan sudah di usulkan lengkap kepada Dinas Kelautan selama satu tahun.

“Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan dana alokasi khusus 16.2 Milyar untuk pembangunan PPN yang ada di desa pasar Seluma,” ujar Jonaidi, Jumat 4 November 2022.

Lanjutnya, dengan dibangunnya PPN di desa pasar seluma nelayan kemudian sumber daya laut, ikan dan kemaritiman akan menjadi maksimal,berguna bagi masyarakat khususnya di Provinsi Bengkulu yang sampai saat ini di Provinsi Bengkulu belum mempunyai pelabuhan bersekala Nasional semua baru sebatas PPI satu-satunya nanti pelabuhan yang bersekala Nasional bertempat di Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu Syafriandi menambahkan, Hari ini akan melakukan pengukuran ulang artinya sudah fiks untuk lahan PPN. Kemudian dari struktur yang ada kontur tanah yang ada maka untuk tahun depan akan dilakukan lesnkip nya kemudian penguasa lahan dan jalan.

“Tahun depan kita akan lakukan pembangunan kontonnya sehingga nanti masyarakat sudah bisa mengunakannya. Kemudian yang terakhir pembangunan tambak labu untuk nelayan tradisional kita sehingga mereka sudah ada tempat.kalau terjadi air pasang dan surut mereka tidak akan terhambat untuk berlabuh,” tegasnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.