Peserta Lulus Enam Besar Panwascam Banyak Wajah Lama

Potretrafflesia.com,Seluma – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang akan bertugas di Pemilu 2024, masih didominasi wajah-wajah lama. Dari total 84 anggota Panwascam di 14 Kecamatan, hampir rata-rata wajah lama diantaranya pernah bertugas atau menjadi anggota Panwascam saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu.

Ketua Bawaslu Seluma Yefrizal mengatakan, sebenarnya bukan istilah regenerasi yang di pakai ini tergantung kesiapan calon peserta Panwascam. Mengapa banyak anggota lama yang lulus ujian tes tertulis karena memang orang lama lebih paham dan tidak ada batasan untuk mengikuti pendaftaran Panwascam.

“Karena memang wajah lama sudah banyak pengalaman dan sudah sering menjadi penyelenggara Pemilu,” ujar Yefrizal, Selasa 18 Oktober 2022.

Lanjutnya, terkait ada peserta Panwascam masuk 6 besar, masih ada ikatan perkawinan dengan pegawai Bawaslu dan ada 2 peserta yang berstatus PNS yang juga masuk 6 besar. Yefrizal menambahkan akan di dalami sewaktu wawancara apakah benar peserta ini masih ada keterkaitan dengan pegawai Bawaslu kalau memang bener masih ada keterkaitan nanti akan ditindak lanjuti sewaktu wawancara.

“Nanti akan kita lihat lagi aturannya kalau memang ada peserta yang masuk enam besar masih memiliki ikatan keluarga dengan pegawai Bawaslu nanti akan kita tindak lanjuti,” tegasnya.

Yefrizal juga menambahkan, terkait ada penambahan peserta Panwascam yang sebelum nya di umumkan lulus verifikasi administrasi berjumlah 245 dan menjadi 247 ini murni kesalahan Bawaslu. Namun demikian penambah peserta panwascam 2 orang itu bukan titipan melainkan salah pendataan. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.