Bupati Seluma Buka Rapat Koordinasi Pendataan Awal Regsosek

Potretrafflesia.com,Seluma – Bupati Seluma Erwin Octavian buka acara Rapat Kordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), di Aula Hotel Arnanda Kabupaten Seluma.

Bupati Seluma Erwin Octavian dalam sambutanya, pelaksanaan regsosek merupakan buah dari perjuangan panjang yang telah di lakukan bersama. Perjuangan untuk meyakinkan para pimpinan tertinggi bahwa regsosek suatu hal yang memiliki dan mencakup mendesak untuk data sosial keseluruhan bangsa ekonomi dan penduduk.

“Alhamdulillah bapak presiden memahami keterdesakan ini dan secara jelas mengamanatkan pelaksanaan regsosek pada pidato kenegaraan tanggal 16 agustus 2022,” ujar Erwin Octavian, Rabu 21 September 2022.

Lanjutnya, regsosek adalah bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang konsepnya telah di rancang sejak tahun 2020. Pemerintah merasakan bahwa pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan. Bantuan sosial, sebagai bagian dari perlindungan sosial, harus di salurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan, termasuk yang terkena guncangan dampak seperti pandemi covid 19. Namun perlu diketahui jenis dan jumlah program bantuan sosial terus bermunculan sejak maret 2020 lalu. Untuk menciptakan perlindungan secara ekosistem sosial yang menyeluruh.

“Saya berharap regsosek ini dapat menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah,” ujarnya.

Erwin Octavian menambahkan, regsosek adalah basis data yang harus di mutakhirkan secara berkala. Partisipasi aktif masyarakat dan pihak yang berkepentingan sangat penting dalam pembaruan data secara berkesinambungan, terutama Pemerintah Daerah hingga desa dan kelurahan. Regsosek dapat menghubungkan data-data di masing-masing institusi, seperti halnya data kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil), data terpadu kesejahteraan sosial (Dtks), data (Dapodik) dan data pokok pendidikan pendataan keluarga (PK).

“Melalui rakor OPD ini mari kita satukan langkah, bergotong royong bersama-sama, menghadapi berbagai tantangan dalam upaya membangun Seluma Alap,” tegasnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.