140 Warga Seluma Terjangkit DBD, Dua Meninggal

Potretrafflesia.com,Seluma – Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Seluma terus meningkat. Data dinas kesehatan (Dinkes) Seluma mencatat ada 140 kasus selama Januari sampai bulan September dan 2 orang di antaranya meninggal dunia.

“Selama bulan Januari sampai dengan bulan September 2022, sudah ada 140 pasien demam berdarah di Kabupaten Seluma,” ujar Rudi Syawaludin Kepala Dinas Kesehatan Seluma, Senin 19 Januari 2022.

Lanjutnya, akibat cuaca pancaroba yang melanda Kabupaten Seluma turut mempengaruhi peningkatan kasus demam berdarah yang berhubungan dengan perkembangan nyamuk Aedes Aegypti. Dinas Kesehatan daerah bersama seluruh jajaran telah melakukan langkah-langka penanganan mulai dari pemeriksaan jentik nyamuk hingga fogging untuk membunuh nyamuk dewasa.

“Fogging atau pengasapan sudah kami lakukan di beberapa lokasi kelurahan yang ada di desa-desa guna membasmi nyamuk dewasa,” ujarnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma mengimbau masyarakat untuk ikut berperan membasmi jentik nyamuk penyebab DBD.
Menurut Rudi Syawaludin, DBD sangat berhubungan dengan kebersihan lingkungan, sehingga masyarakat diminta untuk membersihkan lingkungan masing-masing.

“Kami mengajak semua masyarakat agar tetap membersihkan lingkungan masing-masing termasuk gerakan 3 M yaitu, menutup, menguras dan menimbun wadah yang dapat mempercepat perkembangbiakan nyamuk,” katanya.

Rudi juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat kalau sudah ada gejala demam segera bawah ke Puskesmas terdekat, karena setiap Puskesmas sudah di lengkapi peralatan RDBT untuk mengetahui terjangkit DBD atau bukan.

“Saya menghimbau seluruh masyarakat jika sudah ada gejala demam segera bawah ke puskesmas,” himbaunya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.