Tahun Depan Pelabuhan Perikanan Nasional Dibangun di Seluma

Potretrafflesia.com,Seluma – Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Kabupaten Seluma saat ini tengah mematangkan Rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) yang dipusatkan di Kabupaten Seluma, yakni tepatnya di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan.

Terbukti, baru baru ini DKP baru saja melakukan MoU dengan Provinsi Bengkulu tentang Sinergritas Pembangunan Kemaritiman dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan Perikanan di Provinsi Bengkulu.

“Insyaallah pelabuhan perikanan nasional ini akan menjadi pelabuhan ikan terbesar Se Provinsi Bengkulu yang di tempatkan di Desa Pasar Seluma,” ujar Kepala Dinas DKP Seluma, Zuraini kepada wartawan, Jum’at 16 September 2022.

Lanjutnya, kebutuhan lahan untuk pembangunan PPN ini sendiri seluas 10 hektar. Dimana saat ini lahan yang sudah tersedia adalah seluas 6,1 Hektar. Sehingga masih di butuhkan 4 hektar lagi untuk bisa terwujudnya PPN. Pembangunan PPN sudah dipastikan akan dimulai pada tahun 2023 mendatang. Sehingga segala kebutuhan terkhusus lahan harus di penuhi oleh Kabupaten Seluma.

“kewajiban kita adalah menyediakan lahan dan melakukan pengawasan. Untuk saat ini lahan yang sudah di hibahkan seluas 6,1 Hektar sehingga masih ada kekurangan 4 Hektar lagi,” jelasnya.

Untuk memenuhi kewajiban yang di haruskan, Pemerintah Kabupaten Seluma akan melakukan pembebasan lahan yang berada di Pasar Seluma. Dalam APBD Perubahan tahun 2022 ini Pemkab sudah mengalokasikan anggaran untuk tim penilai pembebasan lahan. Sehingga pembebasan lahan akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang. Termasuk untuk izin kawasan dan anggaran pembangunan akan mendapat dukungan dari Provinsi Bengkulu dan APBN dari pusat.

“Untuk lahan yang akan di bebaskan sudah ada, namun tetap tim penilai pembebasan lahan akan turun terlebih dahulu untuk menaksir anggaran dan nilai lahan yang akan di ganti rugi tersebut,” jelasnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.