15 Parpol di Seluma Ganda Pengurus

Potretrafflesia.com, Seluma – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma saat ini telah melakukan verifikasi administrasi terhadap 24 Partai Politik (Parpol). Berdasarkan turunan dari KPU RI, KPU Seluma melakukan verifikasi administrasi, perbaikan administrasi dan verifikasi vaktual. Untuk Verifikasi administrasi, seluruh Parpol di Seluma yaitu 24 Parpol dilakukan verifikasi administrasi. Namun, unutuk verifikasi vaktual, hanya dilakukan untuk Parpol baru dan Parpol non Parlemen.

Komisioner KPU Seluma, divisi Teknis dan penyelenggaraan Henri Arianda mengatakan, sebanyak 15 Parpol diundang untuk melakukan klarifikasi terkait dengan kepengurusan dan keanggotaan ganda. Dari 15 Parpol ini, ada 58 warga yang berdasarkan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) masuk dalam beberapa kepengurusan Parpol. Namun, hanya 17 warga saja yang datang saat diundang untuk melakukan klarifikasi.

“Ada yang memang terdaftar pengurus lebih di satu atau dua Parpol. Yang tidak datang dalam klarifikasi, kita anggap kedua atau lebih Parpol ini tidak memenuhi syarat,” jelas Henri, Selasa (06/09).

Henri menjelaskan, setelah tehapan verifikasi administrasi selesai hingga perbaikan. Maka selanjutnya akan dilakukan tahapan verifikasi vaktual. Verifikasi vaktual kepengurusan dan keanggotaan Parpol ini nantinya akan dilakukan secara langsung dengan mendatangi subjek yang dimaksud.

“Vaktual akan dilakukan sekitar Oktober nanti. Setelah tahapan Verifikasi administrsai,” tambahnya. (Spi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.