BPBD Seluma Data 866 Rumah Terendam Banjir

Potretrafflesia.com, Seluma – Pemkab Seluma melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma mencatat, ada 866 rumah terendam banjir. Terdapat di 5 kecamatan dan 36 desa kelurahan. Data tersebut berdasarkan laporan dari seluruh Camat di masing-masing wilayah.

“Ada juga longsor di 18 titik dan 3 jembatan rusak,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Seluma, Mirin Ajib. Rabu 31 Agustus 2022.

Menurutnya, ada juga laporan terkait dengan terbentuknya dua muara baru akibat arus sungai air Seluma di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan. Kemudian, puluhan warga Desa Pasar Seluma terisolasi di kem Seluma 2 Wilayah PT Agri Andalas. Hal itu, karena putusnya dua titik akses jalan dan jembatan provinsi akibat diterjang banjir.

“Itu juga sudah kita sampaikan ke provinsi,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Seluma Tenno Haika meminta kepada pemerintah daerah untuk segera berkoordinasi ke pemerintah provinsi agar banjir tidak terus terjadi di kabupaten Seluma.

“Solusinya itu bukan pemberian bantuan. Tapi, bagaimana agar banjir ini dapat diatasi dan tidak terus merendam pemukiman penduduk,” ungkap Tenno.

Tenno menyampaikan, secara teknis harus dilakukan normalisasi sungai dan pengalihan alur sungai. Karena, salah satu penyebab banjir di Seluma adalah pendangkalan alur sungai dan tidak ada pemotongan alur sungai.

“Contohnya antara Desa Sukarami ke Pasar Seluma. Itu karena terjadi sedimentasi. Harusnya ada normalisasi sungai, supaya tidak terus menerus banjir,” tegas Tenno.

Solusi itu kata Tenno, tentu lebih bijak dari pada harus terus menerus memberikan bantuan berupa makanan dan minuman kepada masyarakat korban banjir. (Spi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.