Warga Positif DBD, Dinkes Fogging Sejumlah Desa

Potretrafflesia.com,Seluma – Guna mencegah penularan Demam Berdarah Dangue (DBD), petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma melakukan pengasapan atau fogging di beberapa desa antara lain, Desa Riak Siabun, Desa Sidoluhur, Desa Kayu Arang dan Desa Talang Benuang.

Kasi Pencegahan dan pengendalian penyakit menular (P2PM) Dinkes Seluma, Septi Erdita Putri menjelaskan, fogging ini dilakukan karena di wilayah sekitar terdapat warga yang terindikasi terserang penyakit DBD. Fogging ini menyasar ke rumah-rumah warga dan pekarangan yang dimungkinkan menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti.

“Fogging dilakukan apabila ada di suatu lokasi terdapat kasus positif DBD. Kemudian dari pihak Puskesmas melalui petugas survailans dan petugas sanitarian akan melakukan penyelidikan epidemiologi ke lokasi atau ke rumah orang yang dinyatakan positif Demam Berdarah,” ujar Septi Erdita, Sabtu 27 Agustus 2022.

Lanjutnya, Pihaknya mengingatkan warga untuk aktif melakukan pencegahan agar tidak terserang Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena peran masyarakat lebih penting dalam upaya memberantas nyamuk Aedes Aegypti melalui gerakan 3M yaitu menutup, menguras dan mengubur alat-alat yang menampung air.

“Ingat, fogging itu hanya membunuh nyamuk dewasa. Jentik-jentik yang ada di air tidak bisa difogging, sehingga masih mungkin nantinya berkembang biak menjadi nyamuk dewasa,” tegasnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.