Masih Banyak Warga Seluma Belum Miliki Jamban

Potretrafflesia.com,Seluma – Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma telah menyatakan bahwa Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan sudah mencapai 51 Desa dari 202 Desa dan Kelurahan atau sekitar 27 persen. Namun demikian, kepemilikan jamban di setiap masing-masing desa saat ini sudah mencapai angka 80 persen. Sejumlah 30 persen sisanya hingga kini masih belum mempunyai jamban keluarga.

“Untuk saat ini desa yang sudah Open Defecation Free sudah mencapai 51 Desa dari 202 Desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Seluma,” ujar Purwati Sub koordinator Kesling dan Kesjaor Dinkes Seluma, Jumat 26 Agustus 2022.

Lanjutnya, sementara itu jika secara umum setiap masing-masing desa sudah banyak yang memiliki jamban kalau di persen kan sudah mencapai di angka 80 persen. Akan tetapi belum bisa di verifikasi kan ke Open Defecation Free (ODF) karena syarat untuk verifikasi ODF setiap masing-masing keluarga yang ada di desa harus sudah mempunyai jamban.

Purwati juga menyampaikan, salah satu desa yang paling banyak belum mempunyai jamban yaitu Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo, saat ini masih ada sekitar 50 keluarga yang belum mempunyai jamban salah satu faktor penyebab masyarakat belum membuat jamban bahwa untuk membuat jamban masih terkendala karena permukiman daerah rawa.

“Kita targetkan untuk tahun 2022 yang sudah terverifikasi Open Defecation Free sekitar 20 Desa,” tegasnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.