Pemkab Seluma Terus Optimalkan Penurunan Stunting

Potretrafflesia.com,Seluma – Bupati Seluma, Erwin Octavian membuka secara resmi kegiatan Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting yang digelar di Aula BKD Kabupaten Seluma.

Dalam sambutanya, bupati mengatakan stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga terganggu nya perkembangan pada anak khusus nya di Kabupaten Seluma. Pada hari ini Kabupaten Seluma akan melakukan deklarasi dan penandatanganan komitmen dalam percepatan penurunan stunting oleh seluruh anggota Pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).

“Saya berharap komitmen yang sudah dideklarasikan dan di tanda tangani bersama ini benar-benar dilaksanakan sesuai aksi daerah yang sudah di susun beberapa waktu yang lalu,” ujar Erwin Octavian, Rabu 27Juli 2022.

Dalam hal itu Wakil Bupati Seluma sekaligus Ketua Stunting Kabupaten Seluma Gustianto menambakan berdasarkan hasil survei ssgi di Kabupaten Seluma, persentase balita stunting telah mengalami penurunan yaitu 40% pada tahun 2020 menjadi 24,4% di tahun 2021. berdasarkan data operasi timbang di bulan agustus 2021, jumlah balita stunting (pendek dan sangat pendek) di kabupaten seluma sebanyak 636 atau 4.8% dari total 13.239 balita. kesenjangan data ini menjadi acuan tim tpps untuk bekerja lebih baik lagi dalam melaksanakan aksi konvergensi penurunan stunting. berdasarkan data pk 2021 terdapat 20.630 keluarga yang beresiko stunting yang ada di Kabupaten Seluma.

“Alhamdullilah peresentase balita stunting telah mengalami penurunan dari 40 persen pada tahun 2020 sekarang menjadi 24,4 persen di tahun 2021,” tegas Gustianto. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.