Capaian Kepesertaan 97 Persen, Seluma Launching UHC

Potretrafflesia.com,Seluma– Pemerintah Kabupaten Seluma berhasil membuktikan komitmennya dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warganya dengan mencapai Universal Health Coverage (UHC) di Tahun 2022 ini. Berdasarkan data, sebanyak 207.469 jiwa penduduk Kabupaten Seluma terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 213.662 jiwa atau sebesar 97,10 persen.

Mewakili Direktur Utarama BPJS Kesehatan, Deputi direksi bidang hubungan antar lembaga dan regulasi BPJS kesehatan Jenni Wiharti mengatakan, pencapaian Pemerintah Kabupaten Seluma ini merupakan bukti bahwa pemerintah daerah hadir dalam memberikan kepastian perlindungan atas hak jaminan sosial kesehatan bagi penduduknya. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang menginstruksikan bupati/walikota memastikan bahwa penduduknya terdaftar dalam Program JKN.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Seluma yang sudah mewujudkan UHC di Tahun 2022. Ini menjadi salah satu wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan bagi penduduknya,” Ujar Jenni dalam acara Launching UHC di Taman Wisata Kota Kabupaten Seluma, Senin 25 Juni 2022.

Launching UHC di Kabupaten Seluma ditandai dengan penyerahan Piagam UHC kepada Pemerintah Kabupaten Seluma atas pencapaiannya dalam Program JKN ini. Piagam UHC diserahkan oleh Deputi direksi bidang hubungan antar lembaga dan regulasi BPJS kesehatan Jenni Wiharti dan diterima langsung oleh Bupati Seluma, Erwin Ocravian dan disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Seluma dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sementara itu, Bupati Seluma, Erwin Octavian dalam sambutannya mengatakan pencapaian UHC Kabupaten Seluma merupakan suatu pencapaian yang ditujukan untuk masyarakat Kabupaten Seluma. Dengan UHC ini, dia berharap, masyarakat tidak lagi merasa kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan.

“Dengan telah dilaunchingnya UHC ini, maka masyarakat yang mengurus BPJS Jamkesda hari ini, besok sudah langsung aktif,” ungkap Erwin.

Selain itu, pihaknya juga akan terus berkomitmen meningkatkan kompetensi fasilitas kesehatan sehingga tujuan utama UHC dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada penduduk dapat tercapai.

“Kami juga mengharapkan sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan supaya sama-sama meningkatkan mutu layanan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan dengan optimal,” Tegasnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.