Dugaan Korupsi, Empat Desa Dilaporkan ke APH

Potretrafflesia.com,Seluma – Sebanyak empat desa di Kabupaten Seluma di laporkan ke Aparat Penegak Hukum (APH), setelah diduga terjadi dugaan penyimpangan pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2021. Hanya saja, APH mengembalikan laporan ke inspektorat untuk dilakukan klarifikasi dan penyelesaian.

“Empat desa yang dilaporan dugaan penyimpangan pengelolaan Dana Desa sudah dilimpahkan Aparat Penegak Hukum ke inspektorat ,”ujar Plt Inspektur Daerah  Titik Sumila, Kamis 14 Juli 2022.

Lanjutnya, sejauh ini inspektorat juga sudah menindak lanjuti untuk melakukan klarifikasi akan laporan yang di limpahkan oleh Aparat Penegak Hukum (APH) tersebut. Terbaru adalah, Desa Nanti Agung, Kecamatan Ilir Talo yang sudah di lakukan klarifikasi terhadap BPD. Namun, Kades dan perangkat desa jelas akan ikut dilakukan klarifikasi atas laporan.

“Ini baru satu desa yang kita mintai keterangan atas laporan,” ujarnya.

Pemeriksaan untuk klarifikasi sendiri akan dilakukan. Mulai dari perangkat desa, bendahara desa, BPD hingga seluruh pihak yang terlaporkan. Hanya saja, seluruh pihak yang di mintai keterangan diharapkan koperatif dengan membawa seluruh barang bukti dan penggunaan angaran Dana Desa.

“Kita tidak hanya memeriksa, namun juga meminta salinan realisasi dan bukti penggunaan anggaran yang di kirimkan kerekening desa,” tegasnya.

Sementara itu, Titik Sumila menolak menjelaskan tiga desa lagi yang ikut dilaporkan. Karena dikhawatirkan, jika disampaikan ke publik, desa tersebut akan kelabakan akan laporan serta pemeriksaan. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.