Polres Seluma Batasi Mobilitas Hewan Ternak

Potretrafflesia.com,Seluma– Polres Seluma gelar rapat koordinasi lintas sektor dalam rangka operasi aman nusa II – Penanganan penyakit mulut dan kuku tahun 2022. di wilayah Kabupaten Seluma.

Rapat koordinasi lintas sektoral tersebut membicarakan permasalahan tentang penanganan dan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak serta selanjutnya dilakukan pengecekan secara langsung di lapangan terhadap hewan ternak yang terkonfirmasi penyakit mulut dan kuku di wilayah Kabupaten Seluma. Untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan pemberian vaksin PMK untuk pencegahan.

“Kita akan mendata secara langsung kelapangan terhadap hewan ternak yang terkonfirmasi penyakit PMK untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan pemberian vaksin,” ujar AKBP Darmawan Dwiharyanto, Rabu 6 Juli 2022.

Lanjutnya, Polres Seluma akan melakukan penyekatan di dua titik antara lain,Kecamatan Sukaraja dan Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Penyekatan tersebut intensif dilakukan menjelang momentum Idul Adha yang biasanya lalu lintas ternak meningkat seiring tingginya kebutuhan sapi untuk berkurban. Dalam penyekatan tersebut, timnya yang bertugas memastikan hanya hewan ternak sapi sehat yang boleh masuk wilayah Kabupaten Seluma. Hal itu untuk mencegah penularan PMK di wilayah setempat.

“Ada dua titik yang akan kita sekat satu Kecamatan Sukaraja dan satu lagi Kecamatan Semidang Alas Maras,” ujarnya.

Sambung Kapolres Seluma Selain diperiksa secara fisik oleh petugas saat penyekatan, hewan ternak sapi yang sehat itu ditunjukkan dengan surat jalan atau keterangan dari Dinas Peternakan wilayah asal.

“Hewan ternak yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Seluma akan kita periksa secara fisik,” tegasnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.