Pertengahan Tahun, Warna Plat Kendaraan Diganti Putih

Potretrafflesia.com,Seluma – Mulai pertengahan tahun 2022 ini, pemerintah akan memberlakukan kebijakan pergantian warna plat nomor kendaraan bermotor pribadi secara bertahap dari hitam menjadi putih. Kebijakan ini dilakukan oleh Korps Lalu Lintas Polri yang rencananya dimulai pada pertengahan tahun 2022.

Kasat Lantas Polres Seluma, Iptu Jangkung Riyanto mengungkapkan, penggantian warna plat kendaraan pribadi juga harus dilakukan secara bertahap. Misalnya, mulai diterapkan pada orang-orang yang memiliki kendaraan baru terlebih dahulu yang tidak perlu menunggu masa pakai plat hitam habis. Tahapan ini didasari pertimbangan, yakni mengikuti anggaran keuangan negara untuk pengadaan material pelat tersebut.

“Penggantian warna plat kendaraan dilakukan secara bertahap,” ujarnya, Jumat 10 Juni 2022.

Lanjutnya, Pelaksanaannya penggantian warna plat di lapangan nanti juga bertahap. Mulai dari kendaraan baru daftar, perpanjangan STNK 5 tahunan, balik nama atau memang ada perubahan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) karena TNKB pada dasarnya menjadi hak milik pemilik kendaraan bermotor karena dibebankan PNBP. Makanya ketika akan diganti menunggu masa pakainya habis.

“Kita mulai dari kendaraan baru daftar, perpanjang STNK 5 tahunan, balik nama atau memang ada perubahan NRKB,” ujarnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.