1000 Jalan Mulus Terealisasi, Ekonomi Masyarakat Meningkat 

Potretrafflesia.com, Seluma – Bupati Seluma Erwin Octavian dengan program seribu jalan mulus, bertekad untuk mengaspal seluruh jalan rusak yang ada di Kabupaten Seluma. hal ini guna memberikan kenyamanan masyarakat. Selain itu, jalan yang baik dan mulus tentunya sangat mendukung kelancaran arus lalu lintas serta peningkatan ekonomi masyarakat Seluma.

Program seribu jalan mulus ini, terus digenjot dalam jangka waktu dua tahun ini. Kinerja kepemimpinan Erwin ini juga sudah dapat dilihat dengan ratusan miliar dikucurkan dalam program seribu jalan mulus.

“hari ini kita kembali lakukan titik nol jalan. Tekat kita program seribu jalan mulus bisa tercapai dan dapat dirasakan masyarakat. Jalan mulus ekonomi meningkat,” ujar Erwin kepada wartawan, Kamis 09 Mei 2022.

Ia menambahkan, jalan merupakan tulang punggung roda perekonomian masyarakat, terutama yang tinggal di desa-desa. Jalan mulus, merupakan solusi yang paling tepat untuk memecahkan persoalan-persoalan mendasar lainnya yang ada di pedesaan.

“Mayoritas adik sanak di pedesaan banyak yang berkebun sawit, karet, kopi, ada juga yang bersawah. Jalan rusak jadi masalah bagi mereka saat ingin menjual hasil kebunnya keluar desa. Jalan rusak mempengaruhi nilai jual hasil panennya. Jalan rusak menambah beban biaya operasional,” kata Erwin.

Jalan rusak juga berdampak pada pelayanan dasar lainnya, seperti pendidikan dan kesehatan. Banyak contoh puskesmas dan sekolahan di desa yang “sepi” tenaga medis dan tenaga pengajar. Hal ini, salah satunya, disebabkan oleh buruknya akses jalan masuk menuju desa tersebut. Asumsinya, jalan rusak ini mengendurkan semangat untuk datang ke desa.

“Kondisi ini harus segera diakhiri. Salah satu solusinya adalah memuluskan akses jalan di desa tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Seluma M. Saipullah menjelaskan bahwa untuk tahun ini sudah puluhan pembangunan jalan dan jembatan di titik nol serta sudah dikerjakan oleh pihak ketiga.

“Hari ini ada tujuh paket pekerjaan jalan yang kita titik nol kan. Seusai titik nol ini, pihak ketiga langsung melaksanakan pekerjaannya,”jelas Kadis PU-PR.

Lanjutnya, tujuh peket pekerjaan jalan tersebut yakni, rekontruksi jalan Ujung Padang-TPI Kecamatan Semidang Alas Maras, rekontruksi jalan Kaqhas-Rawah Indah, rekontruksi jalan Selebar-Simpang, peningkatan jalan anti galau Kecamatan Sukaraja, rekontruksi jalan kayu arang Kecamatan Sukaraja, rekontruksi jalan napal jungur -talang kebun, rekontruksi jalan simpang talang rami-talang beringin.

Noprisman juga mengatakan dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan, ia optimis akan sangat berpengaruh pada perputaran ekonomi masyarakat. Sehingga, beberapa kawasan penunjang lain yang perlu untuk dibenahi juga akan segera dilaksanakan. Dengan harapan, masyarakat akan bisa mengakses jalan dengan lebih aman dan nyaman. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.