DBD Meningkat, Bupati Minta Masyarakat Galakkan 3M

Potretrafflesia.com, Seluma – Bupati Seluma Erwin Octavian mengimbau masyarakat dan menginstruksikan jajarannya untuk siaga, agar dapat mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui perantara nyamuk Aedes Aegypty dan Aedes Albopictus.

“Saya mengimbau agar masyarakat selalu terus menggalakkan kebiasaan 3M, yakni, menguras, menutup, menimbun. Untuk itu kepada seluruh lurah dan kepala desa untuk mengajak masyarakat pada masing-masing wilayah pemerintahan untuk Menerapkan 3M,” ujar Erwin, Senin 30 Mei 2022.

Lanjutnya, Sebagai antisipasi perkembangbiakan jentik nyamuk, masyarakat juga harus tetap melakukan gotong – royong, membersihkan lingkungan. Lalu selalu menguras, menutup dan menimbun barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat tampungan air sehingga jentik nyamuk tidak bisa berkembang biak.

“Sebagai antisipasi perkembangbiakan jentik nyamuk masyarakat harus menerapkan menguras, menutup, dan menimbun,” ujarnya.

Dijelaskan, nyamuk yang menyebabkan DBD, tidak seperti jenis nyamuk umumnya. Namun Aedes Aegypty dan Aedes Albopictus umumnya menggigit di pagi sampai sore menjelang petang. Jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypty dan Aedes Albopictus sering ditemukan di selokan, genangan air yang tidak mengalir, kolam, waduk bahkan di kolam rumah.

“Nyamuk tersebut menjadikan air yang tergenang sebagai media berkembang biak, maka sering-seringlah melakukan kebersihan,” tegasnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan mencatat kasus DBD mengalami peningkatan sejak Apil hingga Mei. Tercatat ada 26 kasus DBD yang pasiennya telah dirawat di Puskesmas dan Rumah Sakit. Dinkes telah melakukan upaya penyemprotan Fogging dan mendorong pemerintah desa untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan yang kotor serta membersihkan bak mandi dan membakar sampah yang menumpuk.(Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.