Mei, DBD di Seluma Meningkat 26 Kasus

Potretrafflesia.com,Seluma – Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Seluma meningkat. Berdasarkan data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma, pada bulan Mei 2022, terdapat 26 kasus DBD.

Kasi Pencegahan dan pengendalian penyakit menular (P2PM) Dinkes Seluma Septi Erdita Putri mengatakan, ada banyak faktor yang menyebabkan kasus DBD di Kabupaten Seluma meningkat. Diantaranya, kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkup keluarga dan lingkungan setempat

“Faktor utama penyebab kasus DBD meningkat kurangnya masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan keluarga,” ujar Septi Erdita Putri, Jumat 27 Mei 2022.

Lanjutnya, Selain itu, tingkat mobilitas warga yang kurang terkontrol juga berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penderita DBD.

“Mobilitas ini juga mempengaruhi karena nyamuk DBD ini ada di mana-mana,” ungkapnya.

Melalui masing-masing wilayah Puskesmas, pihaknya terus mengedukasi masyarakat tentang bahaya DBD. Selain itu, pihaknya juga mengingatkan masyarakat agar menjaga kebersihan dan mencegah adanya tempat-tempat yang bisa menjadi induk dari nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.

“Kemudian juga kebersihan di lingkungannya dan juga di tempat-tempat bak mandi, gudang, tempat gantungan baju yang memicu terdapat jentik-jentik nyamuk,” jelasnya.

Menurutnya, untuk mencegah munculnya kasus DBD, masyarakat harus berperan aktif dengan memberantas sarang nyamuk dan menerapkan pola Menguras, Menutup dan Mengubur atau 3M. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.