Pabrik Sawit Tutup, Petani Merugi

Potretrafflesia.com, Seluma – Miris yang dialami oleh para petani kelapa sawit khususnya di Kabupaten Seluma saat ini, sempat merasakan harga yang cukup mahal pada Maret lalu namun saat ini harga TBS kelapa sawit terjun bebas hingga Rp. 1.000 perkilo bahkan beberapa toke sudah tidak mengambil TBS dari para petani.

“Kita memang sudah mendapatkan informasi, bahwa beberapa pabrik kelapa sawit saat ini telah menutup sementara penerimaan TBS kelapa sawit,” sampai Pardi salah satu toke di Seluma, Jumat 13 Mei 2022.

Pardi yang saat dikonfirmasi tengah antri di pabrik kelapa sawit PT Agrindo Indah Persada, bahwa dirinya memang baru masuk pada Jumat pagi dan mendapatkan informasi baru akan melakukan pembongkaran pada Minggu sore.

“Memang disini belum tutup untuk penerimaan TBS kelapa sawit, namun kita akan mengantri tiga hingga empat hari, jelas TBS kelapa sawit yang kita bawa akan menyusut dan timbangan akan berkurang,” keluhnya.

Lantaran belum ada kepastian kapan penjualan TBS kelapa sawit ini kembali normal, ia mengaku kemungkinan akan mengurangi bahkan tidak mengambil TBS kelapa sawit kepada petani untuk sementara waktu, karena akan berimbas dengan kerugian yang bertambah besar.

“Jelas kami sebagai toke akan mengalami kerugian, sehingga ini juga akan berdampak kepada para petani, yang mana TBS kelapa sawit milik petani akan terancam membusuk,” tutupnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.