Menunggak, Peserta JKN-KIS Selesaikan Lewat Program Rehab

Potretrafflesia.com,Seluma – BPJS Kesehatan memperkenalkan program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) pembayaran tunggakan iuran. Dimana, setiap peserta JKN-KIS yang menunggak dapat membayar iurannya dengan cara dicicil.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Seluma Ricco Hanggara mengatakan, program Rehab bertujuan memberikan keringanan finansial bagi peserta JKN-KIS yang menunggak.

Khususnya segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PB-PU) dan Bukan Pekerja (BP), sehingga dapat melakukan pembayaran iuran secara bertahap dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk segera mengaktifkan kepesertaannya.

“Syarat untuk mengikuti program rehab yaitu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja yang memiliki tunggakan lebih dari tiga bulan atau tunggakan 4 hingga 24 bulan. Selanjutnya peserta mendaftar melalui aplikasi mobile JKN atau bisa menghubungi call center 165,” ujar Ricco, Selasa 10 Mei 2022.

Lanjutnya , untuk mengikuti program rehab, maksimal periode tahapan pembayaran selama satu siklus program adalah 12 bulan dan status kepesertaan akan kembali aktif setelah seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan lunas dibayarkan.

“Bagi peserta JKN-KIS yang ingin ikut program Rehab, silahkan download dahulu aplikasi mobile JKN. Didalamnya banyak fitur yang memberikan kemudahan kepada peserta. Salah satunya program Rehab,” ujarnya.

Setelah download mobile JKN, peserta bisa memilih menu Rencana Pembayaran Bertahap. Lalu akan muncul informasi total tunggakan. Setelah peserta membaca, menyetujui syarat dan ketentuan, peserta bisa melanjutkan pendaftaran program Rehab. ( Jeky )

Leave A Reply

Your email address will not be published.