Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Tetap Buka Layanan

Potretrafflesia.com,Seluma – Memasuki momen libur Lebaran tahun 2022, BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu berupaya memastikan peserta JKN-KIS tetap dapat lancar mengakses layanan, baik yang bersifat administratif maupun layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Seluma, Ricco Hanggara mengatakan bahwa pada tanggal 4 hingga 6 Mei 2022, seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan tetap buka untuk melayani peserta JKN-KIS.

“Selain melalui Kantor Cabang peserta JKN-KIS juga dapat mengakses Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp atau bisa melalui care center 165,” ujar Ricco, dalam kegiatan media gathering di kantor BPJS kesehatan Seluma, Kamis 28 April 2022.

Menurutnya, layanan JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili KTP atau domisili peserta saat ini. Di samping itu, peserta JKN-KIS juga bisa memanfaatkan aplikasi Mobile JKN atau menghubungi

BPJS Kesehatan Care Center 165, layanan administrasi dan permintaan informasi dan penyampaian pengaduan. Kanal-kanal layanan non tatap muka tersebut bisa diakses 24 jam.

“Layanan administrasi,permintaan informasi dan penyampaian pengaduan non tatap muka bisa diakses 24 jam,” ujarnya.

Sementara itu, dari sisi layanan kesehatan, Kepala BPJS Seluma Ricco Anggara mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah kebijakan khusus untuk menjamin kelancaran pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS selama masa libur lebaran.

Pertama, peserta JKN-KIS dapat memperoleh pelayanan kesehatan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas yang membuka pelayanan pada waktu tersebut.

“Artinya, jika FKTP tempat peserta JKN-KIS terdaftar tidak beroperasi pada waktu tersebut atau peserta berada di luar wilayah domisilinya, maka peserta bisa memperoleh pelayanan kesehatan di Puskesmas, klinik pratama, dokter praktik, atau RSUD yang membuka pelayanan kesehatan pada waktu tersebut atau bisa menghubungi BPJS Kesehatan Call Center 165,” ujarnya. ( Jeky )

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.