Zakat Fitrah Tertinggi Rp 35 Ribu

Potretrafflesia.com, Seluma – Besaran zakat fitrah untuk masyarakat Kabupaten Seluma telah ditetapkan berdasarkan hasil rapat antara Pemerintah Kabupaten Seluma dan Kemenag Seluma serta unsur organisasi keagamaan. Rapat digelar di kantor Kemenag Seluma, Kamis 14 April 2022.

Sesuai dengan fiqih bahwa pembayaran zakat yang diberikan merupakan makanan pokok dari pemberi zakat.

Namun demikian, jika memang masyarakat ingin membayar zakat dengan bentuk uang, maka untuk besarannya disesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi oleh masing-masing masyarakat.

“Sesuai dengan makanan pokok kita di Seluma, maka pembayaran zakat tersebut adalah 2,5 Kg beras namun jika memang mau diuangkan, disesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi,” ungkap Asisten I Setda Seluma Hendarsyah.

Berdasarkan hasil kesepakatan, dan disetarakan dengan harga beras saat ini Pemerintah Kabupaten Seluma telah menentukan besaran zakat fitrah jika diuangkan. Masing-masing harga beras Premium Rp 35 Ribu. Beras Medium, Rp 30 ribu dan beras bawah Rp 25 ribu.

“Untuk yang paling tinggi Rp 35 ribu, sedangkan untuk terendah Rp 25 ribu,” imbuhnya.

Selanjutnya hasil rapat ini akan disampaikan kepada Bupati Seluma, guna dapat disetujui dan disampaikan kepada seluruh masyarakat dan Amil Zakat di masing-masing Masjid. (K2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.