15 April Calon Kades Ditetapkan

Potretrafflesia.com,Seluma – Tahapan pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 37 desa dalam Kabupaten Seluma saat ini telah memasuki tahapan seleksi berkas calon kepala desa. Setelah habis batas waktu pendaftaran calon kepala desa. Panitia kemudian akan melakukan tahapan verifikasi. Jika ada calon dalam satu desa kurang dari dua orang. Maka masa waktu pendaftaran calon akan diperpanjang. Kemudian, jika ada dalam satu desa calon lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleki berkas dan akan ada calon yang digugurkan.

Kabid Pemerintahan desa dinas PMD Seluma, Hasdi menyampaikan, penetapan calon kades masing-masing desa nantinya akan dilaksanakan serentak dengan penetapan nomor urut masing-masing calon.

“Sebelumnya ada Desa Air latak yang hanya memiliki satu calon. Namun saat ini sudah terpenuhi. Sedangkan untuk Desa Ketapang Baru akan dilakukan seleksi ulang karena calon yang mendaftar sebanyak 6 orang,”Ujar Hasdi.

Untuk tahapan seleksi ulang, akan dilakukan oleh panitia tingkat desa. Adapun poin yang akan dinilai yaitu, pengalaman kerja, pendidikan terakhir dan usia.

Setelah selesai tahapan penetapan calon Kades kata dia, pihaknya akan melakukan tahapan pemuktahiran data pemilih masing-masing desa. Kemudian, akan menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di masing-masing desa. (k2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.