Kejar Target PAD, Bapenda Gandeng Kejari

Potretrafflesia.com, Seluma – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Seluma saat ini terus melakukan upaya agar Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Seluma tahun 2022 ini akan tercapai. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bapenda Seluma Yuyun Afrianto menyampaikan realisasi pendapatan dari pajak daerah dan retribusi tahun 2022 ini sudah mencapai Rp2,3 miliar dari target Rp16,8 miliar.

“Perbandingan dari triwulan satu tahun 2021 dengan triwulan satu tahun 2022 ini ada kenaikan, tapi tidak terlalu signifikan,” sampai Yuyun.

Secara rinci kata dia, pendapatan yang telah diterima Bappeda saat ini yaitu, Pajak restoran sebesar Rp175 juta dari target Rp1,5 miliar. Kemudian, Pajak Reklame sebesar Rp32 juta dari target Rp200 juta. Pajak penerangan jalan sebesar Rp1,5 miliar dari target Rp8 miliar. Pajak parkir Rp3,6 juta dari target Rp100 juta. Pajak burung walet Rp1,8 juta dari target Rp 1 miliar. Pajak mineral dan bukan logam sebesar Rp199 juta dari target Rp1,3 miliar. Pajak Bumi Bangunan masuk sebesar Rp224 juta dari target Rp1,7 miliar. Kemudian, BPHTB sebesar Rp127 juta dari target Rp3 miliar.

“Untuk pajak hotel sampai saat ini belum ada masuk,” sampainya.

Yuyun menyampaikan, untuk meningkatkan capaian target penapatan ini, Bapenda Seluma telah melakukan Mou dengan bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Seluma. Jika memang terdapat permasalahan hukum berkaitan dengan Perdata maka Bapenda bisa meminta pendampingan jaksa Kejari Seluma. Termasuk dalam hal penyelesaian tunggakan pajak yang saat ini masih piutang daerah. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.