Dukung Program Pemerintah, Gubernur Rohidin Tekankan TP PKK Provinsi Bengkulu Perkuat Sinergi

POTRET RAFFLESIA – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menekankan, perlunya penguatan sinergi dan kolaborasi antara TP PKK Provinsi Bengkulu dengan OPD teknis. Hal ini untuk mengoptimalkan 10 Program Pokok PKK, yang fokus pada pembinaan masyarakat khususnya kaum ibu dan perempuan serta penguatan ketahanan keluarga dari berbagai sektor.

“Jadi ini menjadi sebuah keharusan bagi TP PKK Provinsi Bengkulu untuk terus memperkuat kolaborasi dan sinergi bersama OPD teknis. Sekaligus pembinaan ke tingkat kabupaten kota hingga ke desa-desa, dengan pendekatan program-program pembangunan Pemprov melalui OPD,” jelas Gubernur Rohidin saat menerima audiensi Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bengkulu di Ruang Kerja Gubernur Bengkulu, Senin (28/03).

Lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, sebagai lembaga swadaya pembinaan masyarakat, PKK juga harus mampu bertransformasi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Sehingga dalam mendukung program pemerintah daerah serta penguatan fungsi pembinaan ke tingkat kabupaten/kota bahkan hingga ke tingkat desa bisa semakin diperkuat, melalui OPD teknis kabupaten/kota dan kaderisasi.

“Dalam hal ini PKK Provinsi masuk untuk melakukan pembinaan dengan mengikuti perkembangan teknologi. Bahkan jika diperlukan gandeng ormas perempuan yang ada di kabupaten kota dan desa,” pungkas Gubernur Rohidin.

Ketua Bidang III Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Provinsi Bengkulu Hj. Syafridawati Musiardanis mengatakan, sesuai yang diarahkan Gubernur Bengkulu yang juga selaku Ketua Pembina TP PKK Provinsi Bengkulu, pihaknya siap melakukan penguatan sinergi dan kolaborasi dimaksud.

“Terkait dengan administrasi dan program strategis pemerintahan tentu kami perlu mengkonsultasikan dan membutuhkan dukungan dari Pak Gubernur dan jajaran Pemprov Bengkulu. Kita juga mendapat arahan dan saran dari Pak Gubernur yang sangat baik, sehingga kami melangkah mendukung program pemerintah bisa lebih baik lagi ke depan,” terangnya.

Di samping itu, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, program fokus TP PKK Provinsi Bengkulu hingga ke desa terkait pencegahan dan penurunan angka stunting.

Karena diketahui dari 10 program pokok PKK itu, masing-masing Pokja mengambil peran sesuai tupoksinya. Mulai dari pencegahan, pemberdayaan ekonomi masyarakat hingga terkait kesehatan dan ketahanan pangan.

“Jadi kita bersinergi dengan pemerintah daerah itu dalam mendukung kegiatan pemerintah dari berbagai sektor khususnya terkait perempuan dan pemberdayaan keluarga,” tutupnya.(MC)

Leave A Reply

Your email address will not be published.