Lantik Pengurus BMA, Erwin: Diharapkan Dapat Memfasilitasi Adat

Potretrafflesia.com,Seluma – Bupati Seluma Erwin Octavian melantik kepengurusan Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Seluma periode 2021-2026. Dilaksanakan di gedung daerah Serasan Seijoan. Selasa 29 Maret 2022.

Bupati Seluma mengatakan tugas BMA kedepan ada empat poin penting terkait masalah kelembagaan adat di Kabupaten Seluma yaitu, masalah hukum adat, upacara adat, kesenian adat dan pakaian adat. Kedepan BMA dan Pemda Seluma akan sepakati bersama-sama secara kelembagaan.

“BMA juga diharapkan mampu memfasilitasi adat, budaya serta kesenian menjadi dikenal secara nasional bahkan ke tingkat dunia internasional,” ujar Erwin kepada wartawan.

Dirinya juga mengharapkan pengurus BMA yang telah dilantik ini nantinya dapat menjalankan organisasi ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga adat. BMA diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam upaya menghidupkan dan mengangkat kembali nilai-nilai adat serta budaya Kabupaten Seluma, yang selama ini mulai terkikis dan terjadinya pergeseran norma-norma adat oleh perkembangan teknologi dan kemajuan zaman.

“Saya mengingatkan bahwa roda pemerintahan tidak akan berjalan dengan baik jika pejabatnya tidak mengerti adat, untuk itu BMA diminta untuk dapat saling bersinergi dengan pelaksana pemerintahan, dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga pemerintahan desa. Sehingga selaras dalam bersama membangun Pemerintahan Kabupaten kedepannya,”bebernya.

Sementara itu, komposisi kepengurusan BMA Kabupaten Seluma diketuai oleh Suarto dan Sekretaris dipercayakan kepada Marwan Suparsi. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.