Elvi Sukaisih Sambut TP PKK Provinsi Bengkulu di Kabupaten Lebong

POTRET RAFFLESIA – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lebong Elvi Sukaisih menyambut kedatangan rombongan Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu dalam rangka pembinaan 10 program pokok PKK di Bumi Swarang Patang Stumang.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Bupati Lebong Kopli Ansori beserta Kepala OPD terkait dan seluruh camat di wilayah pemerintahan Kabupaten Lebong.

Dalam sambutannya, Bupati Kopli Ansori mengatakan, kedatangan TP PKK Provinsi Bengkulu menunjukkan sinergi yang kuat antar pengurus provinsi dan kabupaten dalam mensukseskan 10 program pokok PKK guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakannya, 10 Program Pokok PKK juga telah mencakup visi misi pemerintah Kabupaten Lebong yaitu bahagia dan sejahtera.

“10 Program pokok PKK sebenarnya sudah mencakup visi misi Kabupaten Lebong. Jika dilakukan pembinaan yang baik kami optimis, dengan peran serta PKK cita-cita Kabupaten Lebong yang bahagia dan sejahtera cepat tercapai,” tutur Kopli.

Sebelumnya, kegiatan pembinaan 10 program PKK juga dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang.

Hal senada disampaikan Asisten II Pemkab Rejang Lebong Asli Samin saat hadir mewakili bupati dalam dalam acara tersebut.

Disampaikannya, Pemkab Rejang Lebong mendukung penuh kegiatan dan program PKK termasuk support anggaran dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK. Salah satunya penanganan angka stunting.

Mengenai penanganan stunting, dikatakan Asli Samin Pemkab Rejang Lebong telah melibatkan berbagai pihak, diantaranya pihak kementerian agama.

“Hari ini kami mengundang kementerian agama karena stunting ini bukan hanya masalah 1000 hari setelah kelahiran, namun dimulai dari calon pengantin,” ujarnya.

Kementerian Agama diharapkan dapat memberikan pemahaman stunting kepada pasangan pada masa pranikah yang kemudian turut didukung dinas pertanian dalam pemenuhan nutrisi dan gizi serta dinas kesehatan yang menjamin kesehatan anak sejak lahir.

Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin mengaku senang atas antusias TP PKK di tiga Kabupaten yang kunjungi dalam mengikuti kegiatan pembinanaan.

Selain meningkatkan kinerja, pengetahuan dan wawasan, Derta menyebut kegiatan ini juga untuk mengetahui permasalahan dan hambatan yang dihadapi oleh para pengurus TP PKK di setiap wilayah. Sehingga secara bersama-sama dapat dicari solusi yang tepat dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK hingga ke tingkat desa.

Dirinya turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang telah mendukung terlaksananya seluruh kegiatan PKK.

PKK sebagai mitra pemerintah memiliki fungsi dan peran yang strategis dalam pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat melalui unit terkecil yakni keluarga dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan menjaga ketahanan ekonomi bangsa.(MC)

Leave A Reply

Your email address will not be published.