Bupati Seluma Sambangi Kemendikbud, Terkait Pemuktahiran Dapodik

Potretrafflesia.com,Seluma – Bupati Seluma, Erwin Octavian bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma menyambangi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini terkait Data Poko Pendidikan (Dapodik) sekolah di Kabupaten Seluma.

Sekretaris Diknas Kabupaten Seluma, Hendri mengatakan bahwa dalam kunjungannya bersama Bupati Seluma, ke Kemendikbud terkait peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Seluma. Serta terkait adanya pemuktahiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

“Saat ini masalah Dana Alokasi Khusus (DAK) tergantung dapodik. Kabupaten Seluma sendiri perlu adanya pemuktahiran,”ujar Hendri kepada wartawan. Sabtu 12 Maret 2022.

Lanjutnya, dari 180 Sekolah Dasar (SD) dan 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Seluma, ada yang harus di pemuktahiran. Hal ini akibat sekolahan ingin mengejar akreditasi A. Sehingga pada saat input dapodik, sekolah mendata kondisi bangunan yang lengkap.

“Ada beberapa sekolahan yang perlu pemuktahiran. Karena ngejar akreditasi A, sehingga sekolah memalsukan dapodik. Yang bangunannya belum ada dibuat sudah ada dan yang siswanya sedikit dibuat banyak,”jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini Kemendikbud sudah tidak menerima profosal. Bantuan DAK sekolahan SD dan SMP berdasarkan dapodik. Sehingga tahun depan sudah bisa mengusulkan.

“31 maret terkahir pemuktahiran data dapodik. Tim dari Diknas Seluma sudah turun, ke sekolahan yang dapodiknya harus dirubah. Kalau dapodiknya sudah benar, maka seluruh usulan daerah baik prasarana maupun sarana bisa terakomodir,”tutupnya. (Yd/Jeky)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.