Tata Kota, Satpol PP Bongkar Bangunan Liar

Potretrafflesia.com,Seluma – Guna untuk menata ibu kota Kabupaten Seluma, Pemkab Seluma kembali melakukan penertiban bangunan liar yang berdiri di tanah milik Pemerintah. Sebanyak tujuh bangunan liar dibongkar oleh Satpol PP dan dibantu oleh TNI, Polri. Kamis 10 Maret 2022.

Asisten I Setda Seluma, Hendarsyah menegaskan bahwa pembongkaran dilakukan setelah pemilik bangunan tersebut sudah diberikan surat teguran yang dilayangkan sebanyak tiga kali.

“Tindakan tegas berupa pembongkaran, karena pemiliknya tidak mengindahkan teguran berupa surat peringatan yang dilayangkan sebanyak tiga kali. Sebelumnya sudah kita berikan waktu untuk membongkar sendiri bangunan ilegal tersebut, namun dengan batas yang ditetapkan, mereka tidak kunjung membongkar,”tegas Hendarsyah kepada wartawan.

Lanjutnya, pembongkaran ini sudah sesuai peraturan daerah, karena bangunan ilegal itu berada di atas tanah milik pemerintah. Bangunan-bangunan tersebut menyebabkan kekumuhan serta antisipasi adanya oknum lainnya yang ikut mendirikan bangunan secara ilegal.

“Dalam melakukan pembongkaran tersebut tentunya kami tidak semena-mena dan tetap menjaga harta benda yang berada di dalam bangunan itu tidak rusak. Selama pembongkaran ini, kami pun meminta pemiliknya untuk membantu dan menyaksikannya,” katanya lagi.

Dalam menegakkan peraturan ini, awalnya lebih kepada edukasi agar tidak memanfaatkan lahan atau tanah milik Pemkab Seluma yang bukan peruntukannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pendirian bangunan.(Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.