Pilkades Serentak, Calon Kades Tidak Boleh Tunggal

Potretrafflesia.com,Seluma – Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) Serentak diikuti sebanyak 37 Desa seKabupaten Seluma, yang akan digelar 22 Juni mendatang. Saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran bakal calon Kepala Desa.

Asisten I Setda Seluma, Mirin Ajib mengatakan bahwa tahapan Pilkades Serentak sudah dimulai, 37 desa yang mengikuti Pilkades saat ini sedang melakukan pendaftaran bakal calon Kepala Desa disetiap desanya masing-masing.

“Panitia tingkat desa sudah terbentuk, saat ini sudah mulai melakukan penjaringan penerimaan pendaftaran bakal calon kepala desa,”ujar Mirin ajib kepada wartawan. Kamis 24 Februari 2022.

Lanjut Mirin, sesuai peraturan Pilkades, bahwa bakal calon kades tidak boleh tunggal. Maksimal calon yang mendaftar sebanyak lima orang dan minimal dua orang disetiap desa.

“Calon tidak boleh tunggal, wajib memiliki lawan. Walaupun lawannya, baik itu saudara, anak kandung, ataupun istri tidak masalah. Dinamakan demokrasi harus mempunyai lawan tidak boleh tunggal,” tegasnya.

Sementara itu ada beberapa peryaratan yang dibuat pada tahap Pilkades di masa pandemi covid 19 ini. Calon kades wajib sudah melakukan vaksinasi.

“Syarat terbaru dimasa pandemi ini, seluruh calon wajib sudah vaksin,”tutupnya. (Jeky)

Leave A Reply

Your email address will not be published.