Gali Potensi Pesisir, Jonaidi Sp Support Pengalihan Status CA ke TWA

Potretrafflesia.com, Bengkulu – Anggota DPRD Provisi Bengkulu Jonaidi SP mengatakan bahwa pesisir pantai Kabupaten Seluma memiliki potensi yang sangat besar baik dalam sektor wisata dan potensi penambahan ekonomi masyarakat desa. Hanya saja, saat ini lokasi peisir pantai ini masih masuk dalam kawasan Cagar Alam ( CA). Dengan itu dirinya mengajak Pemerintah Kabupaten dan Provinsi untuk mendesak Kementrian untuk menurunkan status CA ke Taman Wisata Alam (TWA).

“Penilaian kelayakan sudah turun sekarang tinggal menunggu hasil karena memang dari tim terpadu penelitian perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan dalam rangka review RT-RW provinsi Bengkulu sudah kelapangan beberapa waktu lalu. Ayo kita sama – sama mendesak agar segera diturunkan statusnya,”tegas Jonaidi Sp kepada wartawan. Minggu 06 Februari 2022.

Ketua Pansus RTRW DPRD Provinsi Bengkulu ini, juga menyampaikan bahwa potensi wisata yang saat ini sudah siap dikelola seperti Pantai Penago 1, Pantai Pasar Seluma dan pantai Pasar Talo dipastikan menjanjikan potensi desa yang akan berdampak pada masyarakat. Ditambahkan lagi, Pengalihan status ini sangat diperlukan sebagai pengembangan dan pengelolaan pariwisata di Kabupaten Seluma. Sekaligus untuk menggali potensi pariwisata sangat mendukung di Pantai

“Kawasan ini juga bisa dibangun bangunan yang menopang pariwisata. Mengingat saat ini kawasan CA tersebut tidak boleh tersentuh. Dengan pengalihan tersebut dapat menggali potensi pariwisatanya,”ujarnya

Dicontohkan pada kawasan Penago 1 seluas 4 k kawasannya CA yang saat ini memang sudah tidak bisa di kelola karena memang sudah masuk pada kawasan CA.
Setidaknya titik titik potensi pemanfaatan bisa dikelola pemerintahan desa. Ketimbang hanya untuk kawasan penelitian dan pendidikan yang terbengkalai.

“Ini peluang bagi kita semua agar desa bisa di ketahui oleh orang banyak dan efek lainnya pendapatan warga juga meningkat,”beber Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Seluma.

Ditambah lagi dengan seluma juga termasuk kedalam kategori pada Zona Wilayah Pesisir yang potensi untuk dilakukan budidaya ikan begitu juga dengan budidaya udang. Dimana zona wilayah pesisir ini yang mendapatkan predikat zona wilayah pesisir ini. (ADV/ YD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.