Jonaidi Sp Bina Desa Penghasil PAD Rp 60 Juta

Potretrafflesia.com, Seluma – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dapil Seluma Jonaidi SP, mengunjungi desa Purbosari Kecamatan Seluma Barat. Kunjungan ini sekaligus melakukan pembinaan terhadap desa yang telah menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 60 juta.

Dalam kunjungannya, Anggota DPRD tiga periode ini disambut hangat oleh pihak desa dan masyarakat desa Purbosari, terlihat dirinya diajak berkeliling perkebunan milik desa untuk meninjau langsung lokasi perkebunan yang menghasilkan PAD Rp 60 juta tersebut.

“Kita langsung meninjau kelokasi perkebunan dan pertanian milik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang sudah menghasilkan PAD. Memang, dari kondisi tanah dan ketekunan masyarakat desa dalam bertani dan berkebun ini dapat menambah penghasilan dan PAD desa,”ujar Jonaidi SP kepada wartawan. Jumat 04 Februari 2022.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga menyambangi dua kelompok tani yang pernah dirinya berikan bantuan bibit kelapa sawit. Terlihat, hamparan perkebunan sawit milik dua kelompok tersebut sudah hampir menghasilkan.

“Dulu kita sudah pernah berikan ratusan bibit sawit untuk dua kelompok tani. Alhamdulilah saat ini sudah hampir berbuah dan sebentar lagi menghasilkan,”jelas Jonaidi.

Hal seperti ini seharusnya bisa terus di dorong baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten Seluma untuk terus mengucurkan bantuan ke Bumdes. Tak bisa di pungkiri lagi, jika saat ini masih banyak desa-desa lain di Kabupaten Seluma, yang sama sekali belum mampu mengelola Bumdes dengan baik. Sehingga, penyertaan modal yang sudah dilakukan terkesan sia sia. Menurutnya, Sehingga desa Purbosari ini, pantas menjadi desa yang harus dijadikan percontohan.

“Memang pengucuran dana desa itu, dilakukan Pemerintah untuk memberikan kesempatan desa untuk lebih maju, sehingga apa yang dilakukan oleh desa Purbosari merupakan hal yang benar dan patut diacungi jempol,” sampai Wakil Ketua DPD Gerindra ini.

Terpisah, Kepala Desa Purbosari, Tri Iswahyudi kepada wartawan membenarkan Bumdes di desa terus mengalami peningkatan. Untuk saat ini saja, dalam setiap tahun Bumdes Andalas desa Purbosari mampu menghasilkan PAD hingga Rp. 60 juta dalam satu tahun.

“Aset desa berupa kebun sawit seluas 5,5 H. Saat ini sudah sekitar 3 hektar yang telah ditanam kelapa sawit,”ujarnya.

Ditambahkan, untuk kebun kelapa sawit ini, langsung dikelola oleh pihak desa. Dan memang ada yang mengurusnya secara langsung dan hasilnya juga di nikmati bersama sama.

“Kita berharap pemerintah kabupaten dan provinsi bisa ikut membantu pengembangan kedepannya,”sampainya.

Terpisah Kepala PMD Seluma, Nopetri Elmanto MSI kepada BE menerangkan Jika pemerintah kabupaten Seluma tetap melakukan pembinaan. Namun tetap pemerintah desa dan Bumdes lah yang bisa berkreatifitas dan membaca peluang bisnis juga harus di kedepankan.

“Desa dan Bumdes juga tetap berkreatifitas dengan grand bisnis serta merumuskan wacana yang menghasilkan dampak bagi anggota dan pemasukan bagi desa sendiri,”ujarnya.

Selain itu, pemerintah desa dan Bumdes haruslah sejalan dan bisa ada kesepakatan anggaran DD untuk penyertaan modal. Dengan catatan pula tanpa mengesampingkan pembangunan Fisik. Dicontohkan Bumdes selain Purbosari, Bumdes di desa Kungkai Baru dan Palu Terap juga sudah menghasilkan PAD.

“Anggaran DD juga harus bisa di sepakati untuk penyertaan modal ke Bumdes,”ujarnya singkat. (ADV/YD)

Leave A Reply

Your email address will not be published.