Wawali: Kami Butuh Pejabat Yang Punya Kapasitas, Kapabilitas dan Loyalitas

Pelantikan pejabat pemda Kota Bengkulu.
Pelantikan pejabat pemda Kota Bengkulu.

Potret Rafflesia – Pemerintah Kota Bengkulu kembali melakukan mutasi sejumlah 7 (tujuh) orang pejabat pada hari ini, Rabu (15/5). Bertempat di Ruang Hidayah Kantor Walikota Bengkulu, Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Dedy Wahyudi.

Usai melantik, Wakil Walikota (Wawali) Dedy Wahyudi mengatakan bahwa harus dipahami bersama, baik oleh pejabat maupun publik, bahwa pemerintahan Kota Bengkulu yang saat ini dipimpin oleh Helmi Hasan dan dirinya itu membutuhkan pejabat yang memenuhi tiga kriteria yakni; kapasitas, kapabilitas dan loyalitas.

“Mutasi ini sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan saat ini lebih banyak di kepegawaian, dan ada juga mengisi posisi asisten yang kosong. Yang kedua, perlu dipahami bersama, kami butuh pejabat yang punya kapasitas, kapabilitas dan loyalitas. Tiga ini menjadi penting. Kapasitas tentu misalkan secara kesepakatan mereka harus tunduk, kapabilitas sebagaimana kemampuan yang bersangkutan, dan loyalitas tentu loyalitas kepada pimpinan, tidak boleh melanggar aturan”, ujar Dedy Wahyudi.

Dedy menilai bahwa mutasi ini adalah hal biasa yang dilakukan dalam sebuah organisasi kerja. Mengenai kekosongan jabatan eselon II di beberapa OPD, Dedy mengatakan hal itu masih akan dipertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk dilakukan lelang jabatan.

Wakil Walikota  Dedy Wahyudi.
Wakil Walikota Dedy Wahyudi.

“Eselon II beberapa (jabatan) yang kosong, ada juga yang memasuki masa pensiun. Nanti kita akan nilai kapan waktu yang tepat untuk lelang (jabatan). Tapi sementara waktu agar tidak terjadi kekosongan, maka dari itu ada Plt (pelaksana tugas). Plt ini juga merupakan bagian dari proses ujian, proses penilaian. Kalau Plt ini punya kemampuan, maka dia layak diberikan amanah. Tapi manakala Plt ini dalam perjalanannya tidak amanah, juga tidak punya kemampuan, maka ini juga akan dilakukan mutasi”, bebernya.

Berikut daftar lengkap pejabat yang dilantik dalam mutasi hari ini:

1. Bujang HR, jabatan lama Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, jabatan baru Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial.

2. Abriadi, jabatan lama Kasubbag Tata Usaha Sekretariat dan Staf Ahli pada Bagian Umum Sekretariat Daerah, jabatan baru Kabag Umum Sekretariat Daerah.

3. Zazwardi, jabatan lama Kabag Umum Sekretariat Daerah, jabatan baru Sekretaris Dinas Statistik.

4. Tri Oktarianto, jabatan lama Sekretaris Dinas Statistik, jabatan baru Pelaksana di Dispora.

5. Budi Trapsilo, jabatan lama Pelaksana Sub Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga pada Bagian Umum Sekretariat Daerah, jabatan baru Kasubbag Tata Usaha Sekretariat dan Staf Ahli pada Bagian Umum Sekretariat Daerah.

6. Maida Zarmis, jabatan lama Kasubbid Kesejahteraan dan Pensiun pada Bidang Mutasi, Jabatan Fungsional dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, jabatan baru Kasi Jaminan Ber-KB pada Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DP3AKB.

7. Andi Siswanto, jabatan lama Pelaksana Bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, jabatan baru Kasubbid Kesejahteraan dan Pensiun pada Bidang Mutasi, Jabatan Fungsional dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan. (SU41)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *