Waketum PBB Kaget Ada Bekas Koruptor Jadi Caleg PBB di Bengkulu

Wakil Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Jumhur Lantong.
Wakil Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Jumhur Lantong.

Potret Rafflesia – Wakil Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Jumhur Lantong mengaku terkejut dan baru mengetahui bahwa ada bekas koruptor yang menjadi calon anggota legistaif (Caleg) partai PBB di Bengkulu, tepatnya untuk pencalonan legislator tingkat Provinsi yakni atas nama Sahlan Sirad.

“Iya ya. Kaget juga saya ditanya itu, karena setahu saya tidak ada”, ungkap Jumhur Lantong, Senin siang (4/2), usai membuka kegiatan konsolidasi bersama para Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai PBB se-Provinsi Bengkulu.

Apabila memang benar ada bekas koruptor yang menjadi Caleg PBB di Bengkulu, kata Jumhur, secara hukum dipastikan telah bersih. Namun, secara kepartaian, PBB ada perjanjian berupa pakta integritas.

“Tadinya kita (PBB) tidak bisa melarang siapapun yang menjadi caleg. Apalagi dari awal untuk caleg DPR RI berapa orang yang berstatus mantan narapidana mendaftarkan diri, setelah dinasehati, mereka mencabut berkasnya. Tapi untuk Bengkulu ini, berarti di luar sepengetahuan kami, karena di daerah”, bebernya.

Kendati demikian, Jumhur menyatakan bahwa PBB sejak awal termasuk partai yang menginginkan agar jangan dibuatkan aturan larangan bekas koruptor menjadi caleg.

“Kita tidak mau berpolemik, tapi kita juga melindungi hak-hak yang bersangkutan. Apabila dimasa datang hal seperti itu kembali terjadi yang kita lakukan caleg bersangkutan ada mekanisme yakni, batal demi hukum khususnya dalam keterpilihannya”, tukasnya.

Untuk diketahui, partai PBB merupakan salah satu dari tiga partai di Bengkulu yang memiliki caleg bekas koruptor. Partai lainnya adalah Demokrat yakni caleg DPRD Provinsi atas nama Firdaus Djailani dan partai PPP yakni caleg DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah atas nama Ujang Hasan. (SU41)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *