Taufik Hidayat: Anak Muda Harus Jadi Energi Perubahan Bagi Indonesia

Taufik Hidayat saat gelar Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula.
Taufik Hidayat saat gelar Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula.

Potret Rafflesia – Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPP Partai Golkar, Taufik Hidayat kembali menegaskan pentingnya peran kaum muda dalam kehidupan sosial dan perpolitikan Indonesia. Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Pendidikan Politik Partai Golkar dengan tema ‘Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula’ di coffeeshop Konakito, Tapak Paderi Kota Bengkulu, Minggu pagi (27/1).

“Anak muda mesti digali potensi intelektualitasnya, kemampuan psikomotoriknya, dan keterampilannya. Anak muda mesti dikelola energinya bagi organisasi. Khususnya, bagi partai, anak muda mesti menjadi energi bagi partai. Inilah pentingnya sayap partai sebagai organisasi yang harus mampu mewadahi dan mengakomodir energi yang dimiliki oleh anak muda. Anak muda harus menjadi energi perubahan bagi Indonesia”, jelas Taufik Hidayat yang juga merupakan Caleg DPR RI Partai Golkar Dapil Provinsi Bengkulu.

Taufik mengajak kaum muda untuk aktif berorganisasi, khususnya dalam organisasi politik. Dalam konteks belajar, organisasi merupakan wadah yang penting untuk menjadi sarana pembelajaran kaum muda.

“Adik-adik masuklah ke organisasi, terutama organisasi politik. Ada banyak interaksi, belajar memimpin dan dipimpin. Banyak hal yang akan dipelajari. Kalau diikuti secara konsisten insya allah akan memberi manfaat bagi keterampilan kita, khususnya secara teknis”, kata Taufik kepada para peserta yang memang didominasi oleh anak-anak muda Kota Bengkulu.

Dalam konteks politik, menurut Taufik, partisipasi warga seyogyanya tak hanya sebatas datang ke TPS untuk mencoblos pilihannya dalam pemilu mendatang. Sebisa mungkin, khususnya kaum muda juga ikut andil dalam mewarnai dinamika perpolitikan yang ada saat ini. “Partisipasi kita sebagai warga negara, kita harapkan tidak hanya sebatas mencoblos pada saat (tanggal) 17 April nanti. Bergabunglah dengan organisasi yang ada. Ada AMPG, AMPI dan lainnya. Berorganisasilah, jadilah energi perubahan bagi negara ini”, imbuhnya.

Selain itu, Taufik Hidayat juga menekankan pentingnya peran dan partisipasi perempuan dalam organisasi dan politik. Kaum muda perempuan, menurutnya, harus muncul sebagai figur panutan bagi perempuan lainnya dalam berpolitik.

“Perempuan itu penting peranannya dalam dunia politik. Makanya, harus muncul dan harus ada sosok figur perempuan dalam berpolitik. Agar menjadi contoh dan daya tarik bagi perempuan lainnya untuk dapat ikut andil juga dalam dunia politik”, ujarnya.

Menghadapi pemilu di bulan April mendatang, masyarakat harus memiliki pertimbangan-pertimbangan yang rasional sebelum menjatuhkan pilihan pada calon tertentu. Misalnya, bagaimana kiprah partai, bagaimana rekam jejak sosok yang diusung partai, dan lain-lain.

Taufik juga berpesan kepada peserta pendidikan politik, agar jangan hanya sebatas menjadi pemilih. “Berpikirlah bagaimana anda menjadi pelaku dalam kontestasi politik yang akan datang”, ucapnya.

IMG-20190127-WA0011

Taufik menyatakan, jika terpilih nanti, dirinya akan berusaha membantu Bengkulu berubah menjadi daerah yang lebih maju. “Insya allah kita akan dapat membawa Bengkulu ini sejajar dgn Provinsi yang lain yang ada di indonesia. Tidak boleh lagi ada persepsi Bengkulu ini adalah Provinsi termiskin, tidak boleh lagi ada persepsi bahwa Bengkulu ini terbelakang dibandingkan dgn daerah lain”, demikian Taufik. (SU41)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *