Sosialisasi dan Pembentukan TPID Kecamatan XIV Koto

Pelaksanaan MAD yang bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko.
Pelaksanaan MAD yang bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko.

Potret Rafflesia – Untuk mendukung percepatan dan efektifitas pelaksanaan amanat UU No. 6 Tahun 2016 tentang Desa, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya melalui Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membentuk Program Inovasi Desa (PID). Melalui PID ini diharapkan mampu mendorong produktifitas dan pertumbuhan perdesaan, membangun kapasitas Desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian Desa. Kegiatan PID tersebut bertumpu pada kegiatan pengembangan kewirausahaan, peningkatan kualitas SDM, pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan.

Salah satu tahapan yang dilalui dalam melaksanakan program tersebut adalah dengan membentuk Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) di setiap Kecamatan dan Tim Inovasi Kabupaten (TIK) untuk tingkat Kabupaten. Pembentukan TPID dilaksanakan melalui Musyawarah Atar Desa (MAD) di tingkat Kecamatan.

Pada Kamis, tanggal 19 Oktober 2017 telah dilaksanakan MAD yang bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko. Dalam MAD yang dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan se-Kecamatan XIV Koto tersebut, diawali dengan pelaksanaan sosialisasi PID, kemudian dilanjutkan dengan Pembentukan TPID dan penyusunan Rencana Kerja dan Tindak Lanjut (RKTL).  Dari MAD ini telah dipilih sebanyak 7 orang yang mewakili masing-masing Desa se-Kecamatan XIV Koto, dengan diketuai oleh Sukardi Efendi dan Bendahara Lina Meriana.

TPID ini natinya akan ditugaskan untuk mengelola Dana Operasional Kegiatan (DOK) Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa. TPID adalah kelompok masyarakat pelaku PID yang berkedudukan di tingkat Kecamatan. Selain itu, TPID akan memfasilitasi pengelolaan praktik cerdas yang terdiri atas identifikasi, dokumentasi, eksposisi dan replikasi inovasi Desa.

Peserta pelaksaan MAD  Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko.
Peserta pelaksaan MAD Kecamatan XIV Koto Kabupaten Mukomuko.

“Pelaksanaan MAD tersebut dibuka langsung oleh Pajabat Kecamatan XIV Koto dan dihadiri oleh Koordinator Tenaga Ahli Pendamping Desa P3MD Kabupaten Mukomuko, Joko Subagio, Pendamping Desa Kecamatan XIV Koto, Jusriati dan Pendamping Lokal Desa Kecamatan XIV Koto, Awaludin dan Yance Askomandala”, disampaikan Jusriati, SKM selaku Pendamping Desa Kecamatan XIV Koto. (RED)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *