OTT Di Lampung Selatan, Bupati Yang Diamankan KPK Adalah Adik Ketua MPR RI

Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan.
Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan. (Dok: Internet)

Potret Rafflesia – Publik kembali dihebohkan dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kabupaten Lampung Selatan.

Tak main-main, kali ini yang tertangkap adalah Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan yang juga adalah adik kandung Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan sekaligus kakak kandung dari Walikota Bengkulu Terpilih, Helmi Hasan.

Kepala Biro Humas KPK, Febri Diansyah membenarkan adanya aktifitas KPK di Kabupaten Lampung Selatan. Kendati demikian, ia belum mau secara terbuka menyebutkan nama-nama pejabat yang tertangkap tangan oleh petugas KPK dalam OTT tersebut.

“Yang bisa kami konfirmasi, ada tim KPK yang ditugaskan di daerah Lampung dalam beberapa hari ini. Kamis malam sampai pagi hari ini diamankan 12 orang yang terdiri dari unsur Kepala Daerah/Bupati, anggota DPRD Prov, swasta dan pihak lain yang terkait”, tulis Febri Diansyah melalui pesan singkat aplikasi Whatsapp-nya, Jumat siang (27/7).

Dalam operasi senyap tersebut, KPK juga mengamankan barang bukti berupa uang ratusan juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

“Kami melakukan kroscek terhadap informasi yang didapatkan dari masyarakat tentang adanya dugaan transaksi. Tim mengamankan uang ratusan (juta) dalam pecahan Rp100rb dan Rp50rb. Diduga terkait dengan proyek infrastruktur”, lanjutnya.

Pemeriksaan masih berjalan di Mapolda setempat. Febri menambahkan, KPK akan mempertimbangkan untuk membawa sebagian orang yang relevan saja untuk dibawa ke Jakarta siang ini.

Seperti biasanya, KPK belum menentukan status hukum 12 orang yang tertangkap tersebut. “Sebagaimana diatur di KUHAP, KPK diberikan waktu paling lama 24 jam sampai penentuan status hukum dari pihak yang diamankan tersebut”, pungkasnya. (SU41)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *