Kejaksaan Negeri Bengkulu Musnahkan BB Pidum

pemusnahan sejumlah barang bukti tindak pidana umum.
pemusnahan sejumlah barang bukti tindak pidana umum.

Potret Rafflesia – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu memusnahkan sejumlah barang bukti tindak pidana umum (BB Pidum) di Lapangan Kantor Kejaksaan Negeri Bengkulu, Kamis siang (14/2). Pemusnahan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Perintah Nomor: 23/N.7.10/Euh.3/02/2019 hasil dari penanganan perkara bulan Desember 2018 hingga Februari 2019.

Kepala Kejari Bengkulu Emilwan Ridwan, mengatakan pemusnahan tersebut merupakan yang kedua kalinya.

“Pemusnahan yang kami lakukan ini meliputi beberapa perkara yaitu perkara narkotika, perkara senjata tajam, perkara pencurian, dan perkara uang palsu, jadi semua kegiatan pemusnahan ini bertujuan agar tidak terjadi penyalahgunaan barang bukti”, kata Kajari Emilwan.

Barang bukti yang dimusnahkan antara lain adalah Narkoba jenis ganja seberat 4,21 gram, shabu seberat 62,1 gram, ekstasi seberat 0,42 gram, 20 pucuk senjata tajam, 2 pucuk senjata api, 49 butir peluru senjata api, timbangan digital 20 unit, Handphone 81 unit, alat-alat kosmetik 49.249.337 buah, dan uang palsu sejumlah 2,5 juta rupiah.

“Kami juga mengundang Dekan Fakultas Hukum dari Universitas Bengkulu untuk menghadiri acara ini agar mereka melihat sendiri bahwa mahasiswa yang magang di Kejaksaan Negeri dilatih untuk terlibat langsung atas penanganannya”, paparnya.

Pemusnahan barang bukti narkoba dilakukan dengan cara diblender, kemudian dikuburkan. Barang bukti senjata tajam dan senjata api pemusnahannya dengan cara dirusak, sedangkan alat kosmetik dimusnahkan dengan cara dibakar. (SU41)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *