Jokowi Lantik RM Lagi Sebagai Gubernur Bengkulu

Presiden Jokowi melantik Gubenrur Bengkulu Rohidin Mersyah, sisa masa jabatan 2016-2021, di Istana Negara.
Presiden Jokowi melantik Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, sisa masa jabatan 2016-2021, di Istana Negara.

Potret Rafflesia – Lagi-lagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik RM untuk memimpin Provinsi Bengkulu hingga tahun 2021 mendatang. Jika dulu RM yang dilantik adalah Ridwan Mukti, maka kali ini RM yang dilantik adalah Rohidin Mersyah.

Rohidin Mersyah resmi dilantik sebagai Gubernur Bengkulu di Istana Negara siang tadi, bersamaan dengan Pelantikan Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Selasa (10/12). Pelantikan ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 215/P tahun 2018 tentang pengesahan pengangkatan Gubernur Bengkulu.

Data terhimpun, usai pembacaan Petikan Keppres pengangkatan, Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah jabatan terhadap kedua gubernur tersebut.

“Bersediakah saudara-saudara mengucapkan sumpah janji menurut agama masing-masing”, ucap Presiden Jokowi saat pengambilan sumpah jabatan seperti yang dilansir oleh situs online KBRN antaranews.com.

Sejumlah menteri turut menghadiri pelantikan ini, di antaranya yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PAN-RB Syafruddin, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil serta tamu undangan lainnya juga memberikan ucapan selamat kepada kedua Gubernur tersebut.

Usai menjalani pelantikan, Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Bengkulu. Hal itu disampaikannya melalui video singkat yang direkam oleh salah satu kader partai Golkar Zulkarnain Kaka Jodho.

“Ya, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, dengan khidmat. Terima kasih sebesar-besarnya untuk seluruh teman-teman, masyarakat Bengkulu, juga di jajaran pemerintahan Provinsi Bengkulu sehingga proses pelantikan ini bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bersama”, ungkap Gubernur Rohidin.

Tak ada waktu untuk Gubernur Rohidin berleha-leha. Sejumlah pekerjaan rumah (PR) menanti di depan mata. Mulai dari persoalan angka kemiskinan, penurunan angka laju pertumbuhan ekonomi, proyek KEK Pulau Baai, dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, Rohidin Mersyah dilantik jadi Gubernur Bengkulu untuk sisa masa jabatan tahun 2016-2021. Sebelumnya Rohidin Mersyah merupakan Wakil Gubernur mendampingi Gubernur terdahulu yakni, Ridwan Mukti. Usai Ridwan Mukti ditangkap KPK dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT), Presiden menetapkan Rohidin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu pada bulan Juni 2017 yang lalu. (SU41)

Artikel Terkait

1 Comment

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *