Gemar Membaca Dengan Memperkuat Kelembagaan Perpustakaan

Rapat Koordinasi Perpustakaan se-Provinsi Bengkulu.
Rapat Koordinasi Perpustakaan se-Provinsi Bengkulu.

Potret Rafflesia – Perpustakaan mempunyai peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, mandiri dan mampu bersaing di era global saat ini. Melalui Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2014 tentang Perpustakaan, pemerintah berupaya meningkatkan kecerdasan kehidupan berbangsa melalui peningkatan budaya gemar membaca.

“Yakinlah, Gemar membaca dapat merusak kebodohan”, tegas Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Soemarno, menyampaikan amanat Sekda Nopian Andusti, saat membuka Rapat Koordinasi Perpustakaan se-Provinsi Bengkulu, di hotel kawasan Pantai Panjang Bengkulu, Senin (29/4).

Disampaikan Soemarno, Perpustakaan sebagai wahana belajar masyarakat sepanjang masa, harus mampu mengembangkan potensi bangsa yang berakhlak mulia, mandiri, kreatif dan bertanggungjawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan formal.

Peran penting perpustakaan itu antara lain, membangun ekosistem masyarakat yang berpengetahuan, penguatan literasi masyarakat melalui transportasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Sebagai hak masyarakat untuk mendapatkan layanan perpustakaan yang dijamin undang-undang”, sebut Soemarno.

Untuk itu, pemerintah mengimbau agar semua elemen dapat meningkatkan gemar membaca dengan memperkuat kelembagaan perpustakaan.

“Marilah kita bersama-sama memperkuat kelembagaan perpustakaan di Provinsi Bengkulu ini dengan selalu mengutamakan prinsip kebersamaan dalam literasi”, kata Soemarno, mengakhiri sambutan Sekda Provinsi Bengkulu. (Su41/SMC)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *