Bukit Kandis Terpopuler ke-3 di Ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018

Wisat Olahraga, Panjat Tebing Bukit Kandis Kabupaten Bengkulu Tengah.
Wisat Olahraga, Panjat Tebing Bukit Kandis Kabupaten Bengkulu Tengah.

Potret Rafflesia – Upaya pemerintah provinsi Bengkulu mengenjot sektor parawisata membuahkan hasil. Pada Kamis (22/11), di ajang bergengsi tahunan Pariwisata Terpopuler Indonesia-Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, yang didukung penuh oleh Kementerian Parawisata Republik Indonesia menobatkan Panjat Tebing Bukit Kandis Kabupaten Bengkulu Tengah sebagai Objek Wisata Terpopuler ke-3 untuk kategori Wisata Olah Raga dan Petualangan Terpopular.

Ajang apresiasi pilihan masyarakat (people choice) ini menggunakan mekanisme peran langsung dari seluruh lapisan masyarakat daerah mulai Kabupaten, Kota, hingga Provinsi untuk bersama-sama memberikan apresiasi melalui cara vote untuk menjadikan pariwisata daerahnya masing-masing menjadi yang terbaik dan terpopuler.

“Syukur alhamdulillah Bengkulu pecah telor tahun ini. Tahun lalu kita gagal, namun terbayar tahun ini. Ini merupakan kado terindah buat HUT Provinsi Bengkulu ke-50”, ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, (22/11).

Dirinya mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua kalangan, terkhusus bagi Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Bengkulu yang sudah mempelopori dan menviralkan objek wisata ini sehingga mampu bertengger diurutan ke-3.

“Inisiasi untuk mensosialisasikan dan menjemput bola dari kawan-kawan GenPi Bengkulu luar biasa. Jika seluruh objek wisata seperti ini, tentu tahun kunjungan 2020 akan sukses besar”, tegas Rohidin.

API, tambah Rohidin, memberikan dampak yang positif bagi pariwisata Indonesia terkhusus Bengkulu serta turut berperan dalam mempromosikan destinasi yang ada, salah satunya melalui media internet dan platform Media Sosial.

Kepada Dinas Parawisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satria, yang mewakili Plt. Gubernur Bengkulu malam ini menerima anugerah tersebut mengatakan, ini pintu masuk positif untuk seluruh objek wisata yang kita miliki di provinsi Bengkulu menuju Visit 2020 Wonderful Bengkulu.

“Alhamdulillah, ini hasil kerja kita bersama. Malam ini kami bahagia sekaligus ini merupakan tantangan ke depan untuk lebih baik lagi. Soal kesiapan menjadi prioritas tahun 2019”, ungkap Kadispar, (25/11).

Mau tidak mau, lanjut Yudi, objek wisata Panjat Tebing Bukit Kandis Kabupaten Bengkulu Tengah perlu mendapat perhatian khusus dan lebih selain objek wisata lain.

“Kami akan langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu tengah terkait ini secepatnya untuk menyiapkan segala hal menyambut datangnya wisatawan baik dari nusantara maupun mancanegara”, tutup Yudi.

Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, I Gede Pitana di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Bengkulu memiliki dua objek wisata dengan dua kategori yang masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, yaitu kategori Objek Wisata Sejarah Rumah Singgah Bung Karno dan Objek Wisata Olah Raga dan Petualangan Terpopular Panjat Tebing Bukit Kandis Kabupaten Bengkulu Tengah. (Su41/MCPemprovBengkulu)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *