Bawaslu Lakukan Sosialisasi Perbawaslu Pengawasan Pemilu Tentang Kampanye

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap.
Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap.

Potret Rafflesia – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Bengkulu secara resmi memulai kegiatan sosialisasi Perbawaslu terkait pengawasan pemilu tentang kampanye. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap pada Selasa malam (20/11).

Dalam sambutannya, Parsadaan mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk menyatukan persepsi dan pemahaman diantara semua elemen peserta pemilu dan penyelenggara pemilu tentang aturan-aturan mengenai kepemiluan berikut dengan aturan pengawasannya.

“Kami berharap pada pertemuan ini, kita dapat menyudahi perbedaan yang ada. Sehingga, Bawaslu dapat benar-benar menjadi wasit, menjadi penengah, dan penegak aturan pengawasan pemilu. Kami juga berharap pertemuan ini dapat dijadikan mediasi agar kita memiliki pemahaman yang sama tentang aturan dan regulasi pemilu”, ucap Parsadaan.

Parsadaan juga menyebutkan bahwa hal itu (menyamakan pemahaman) penting dilakukan agar Bawaslu tidak berhadap-hadapan dengan peserta pemilu. “Hal ini penting dilakukan agar semua elemen ini dapat memahami regulasi-regulasi yang ada, agar para pengawas tidak berhadap-hadapan dengan peserta pemilu”, sebutnya.

Selain itu, karena kegiatan sosialisasi ini juga melibatkan sejumlah perwakilan media massa sebagai pesertanya, Parsadaan berharap para pelaku media massa dapat memahami bahwa kampanye melalui iklan di media massa saat ini belum bisa dilakukan.

“Media agar memahami juga aturan yang ada, bahwa proses kampanye melalui iklan di media massa saat ini belum bisa dilakukan”, tutupnya.

IMG-20181120-WA0023

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan setiap partai dan media massa yang memang diundang secara resmi oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan hingga dua hari ke depan yakni hingga tanggal 22 November 2018, bertempat di salah satu hotel di kawasan wisata Pantai Panjang Bengkulu. (SU41)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *