Reses Jonaidi, Berikan Solusi Terhadap Aspirasi Masyarakat

Jonaidi, SP. MM Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu dalam acara resesnya, membagikan buku tulis kepada anak-anak Sekolah Dasar.
Jonaidi, SP. MM Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu dalam acara resesnya, membagikan buku tulis kepada anak-anak Sekolah Dasar.

Potret Rafflesia – Reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu masa sidang ke III tahun sidang 2017 telah dimulai sejak tanggal 2-6 Oktober 2017. Reses tersebut dilaksanakan di masing-masing dapil anggota Dewan untuk menjaring aspirasi masyarakat. Salah satunya kegiatan reses Jonaidi, SP, MM di daerah pemilihannya (dapil) Kabupaten Seluma. Dalam reses yang dilaksanakan tersebut, Masyarakat memanfaatkan momen ini sebagai saluran dalam menyampaikan masalah-masalah yang terdapat di desa, yakni Infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan sosial.

4-5 Oktober 2017, Reses pertama yakni di Kecamatan Sukaraja yang dipusatkan di Desa Sari Mulyo. Dilanjutkan keesokan harinya, di kecamatan Seluma Timur yang berpusat di Desa Tenangan. 2 Kecamatan yang sebagian besar penduduknya sebagai petani ini menjadi alasan Jonaidi karena masyarakat setempat sangat membutuhkan tempat menyampaikan aspirasi dalam membangun Desa agar menjadi lebih baik.

Sebelum acara reses dimulai, politisi Partai Gerindra tersebut tidak pernah lupa membawa buku tulis untuk anak-anak murid Sekolah Dasar di setiap Desa yang dikunjungi. Beliau berharap kepada setiap anak-anak yang mendapatkan buku agar keesokan harinya bersemangat untuk menimba ilmu di sekolah, karena mereka sebagai modal atau aset untuk membangun Bangsa dan Negara di masa depan.

“Kenapa saya membagikan buku gratis kepada anak-anak? karena saya begitu bahagia ketika esok harinya mereka bersemangat pergi ke Sekolah dengan cita-cita yang mulia, insya Allah mereka nantinya dapat membangun Bangsa dan Negara ini”, tutur Jonaidi.

Reses Jonaidi di Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja ,Kabupaten Seluma.
Reses Jonaidi di Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma.

Dalam resesnya, Jonaidi bersyukur dengan Antusias masyarakat yang ramai menghadiri kegiatan rutin anggota DPRD provinsi tersebut.
“Saya bersyukur dengan antusias masyarakat yang hadir disini, walaupun keadaan cuaca yang tidak mendukung seperti ini. Terakhir saya Kampanye DPRD provinsi Bengkulu, jalan akses dari simpang masuk sampai kesini tidak ada perubahan, masih sama seperti yang dulu”, kata Jonaidi. 

2f41319d-d915-4d65-a34f-965834fb4cc4

Jalan yang dilaluinya menuju tempat acara reses, diungkap Jonaidi bahwa jalan tersebut adalah tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Seluma. Ia mengatakan, seharusnya Bupati mengajukan proposal bantuan perbaikan jalan daerah ke Pemerintah Provinsi melalui Gubernur.

Perwakilan masyarakat Desa Sari Mulyo memberikan tanggapan dan harapan.
Perwakilan masyarakat Desa Sari Mulyo memberikan tanggapan dan harapan.

“Pembangunan jalan di seluruh kabupaten seluma terutama di Desa-desa membutuhkan dana besar. Kalau Bupati sudah mengajukan proposal, nanti Gubernur akan mengibahkan dana untuk perbaikan jalan daerah”.

Selain perbaikan jalan, kepada para petani yang kelompoknya sudah teregister oleh kementerian diharapkan untuk mengajukan proposal melaluinya, dengan anggaran yang masuk dalam APBD-P 2017.

“Para petani yang sudah teregister di Kementrian, agar segera mengajukan proposal. Supaya nanti mendapat bantuan ternak, bibit, dan lain-lain”, kata Jonaidi.

Jonaidi juga menjelaskan bahwa di tahun 2017 ada bantuan alat bagi orang cacat yang membutuhkan, seperti Kursi Roda, Tongkat orang patah kaki, Tongkat orang buta, dan Alat bantu pendengaran bagi masyarakat Kabupaten Seluma yang membutuhkannya.

“Melalui Kepala Desa, bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk yang cacat bisa melampirkan fotocopy KTP dan syarat lainnya, nanti berikan kepada saya”, kata Jonaidi.

Reses Jonaidi di Desa Tenangan Kecamatan Seluma Timur.
Reses Jonaidi di Desa Tenangan Kecamatan Seluma Timur.

Ketua komisi III DPRD Provinsi Bengkulu ini juga menghimbau kepada masyarakat untuk anak SMA/Sederajat dan warga yang butuh pelatihan keterampilan kerja secara gratis. Tempat pelatihan tersebut yakni BLK (Balai Latihan Kerja) dan BLH (Balai Lingkungan Hidup) Provinsi Bengkulu sehingga nantinya masyarakat dapat berkontribusi di desa masing-masing.

Dalam sambutannya, Jonaidi mengajak masyarakat untuk menolak praktik-praktik yang jauh dari kata Demokrasi seperti politik uang(money politik). Ia juga mempertegas untuk jangan memilih calon pemimpin yang bermain money politik demi mencapai kepentingan individu. Hal tersebut hanya akan menghasilkan kinerja pemimpin yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Beliau tidak ingin uang rakyat yang dikelola negara habis diambil para koruptor. Operasi tangkap tangan oleh Komisi pemberantasan korupsi (KPK) di Provinsi Bengkulu membuat ketua komisi III DPRD provinsi Bengkulu ini geram bercampur khawatir. Sehingga tiada henti Jonaidi selalu mengingatkan kepada masyarakat jangan mudah terperdaya oleh rayuan manis Caleg yang memakai politik uang.

“Negara kita ini dibentuk untuk rakyat, melayani dan melindungi rakyat. Uang yang digunakan untuk membangun negara ini adalah uang dari rakyat” tuturnya

“Saya tidak menyuruh memilih siapa? partainya apa? tetapi tidak akan ada perubahan oleh pemimpin, karena perubahan hanya ada ditangan masyarakat itu sendiri. Pilihlah pemimpin yang cerdas dan berdedikasi tinggi”, Tegas Jonaidi.

Menurut Jonaidi, saat ini banyak para pemuda yang cerdas, pintar, berkompetensi, kapabilitas tinggi, dan punya jiwa kepemimpinan yang cerah harus terhenti karena uang.

“Saya ini orang miskin. saat saya mencalonkan diri dan berkampanye, apakah ada masyarakat menerima uang dari tim saya?”, tanya Jonaidi kepada hadirin reses.

“Di dunia ini tidak ada yang tak mungkin, asalkan niat kita tulus dan ikhlas untuk membangun, insya Allah pasti ada jalannya”, sambung Jonaidi.

cff738ac-64ce-4293-ab3a-c5b323fe6636

Harapan Jonaidi ketika berdiri di depan masyarakat agar jangan sungkan-sungkan memberikan aspirasi kepadanya. Dalam resesnya beliau juga berjanji bila diizinkan maju dalam Pemilihan Bupati dan jika terpilih nanti, maka ia siap memperkuat koperasi di desa-desa untuk membantu para petani dalam menjual hasil panen dengan harga yang bagus. Koperasi di seluruh desa yang ada di Kabupaten Seluma ditargetkan harus dihidupkan, agar menjadi penggerak perekonomian masyarakat.

Masyarakat menyampaikan aspirasi kepada Jonaidi SP selaku Anggota DPRD Provinsi Bengkulu
Masyarakat menyampaikan aspirasi kepada Jonaidi SP selaku Anggota DPRD Provinsi Bengkulu

“Bila nanti saya diberi amanah untuk maju di pemilihan Bupati 2019, saya akan maju, dan seluruh masyarakat telah dapat melawan money politik”, kata Jonaidi.

Demi menjaga konsistensinya, Jonaidi akan terus membuka aspirasi dari seluruh masyarakat demi tercapainya kesejahteraan rakyat. Wibawa, kepedulian, dan bukti yang ditujukan Jonaidi selama berkecimpung di legislatif memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk dia maju membangun harapan rakyat Seluma. (AN-Advertorial)

Artikel Terkait

1 Comment

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *